Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Modal Sosial Masyarakat

Authors

  • Miftachul Huda UIN SUNAN KALIJAGA

Keywords:

laksjjdkooj, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Islam, Toleransi, Inklusivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan pendidikan Islam multikultural sebagai modal sosial masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin kompleksnya masyarakat Indonesia yang heterogen. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis implementasi pendidikan Islam multikultural di [tempat penelitian, misal: sekolah, pesantren, atau komunitas]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam multikultural memiliki potensi besar dalam membangun kohesi sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya pemahaman tentang konsep multikulturalisme dan resistensi terhadap perubahan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan untuk memperkuat pengembangan pendidikan Islam multikultural di Indonesia.

References

Abdiyah, Lathifah. “Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2021). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1827.

Afif, Ahmad. “MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM.” Tadrîs 7, no. 1 (2012).

Akhmad Satori, Subhan Ahmad. “EKSPLORASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT MAJEMUK DI.” In Prosiding SNaPP2014 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 2014.

Anam, Ahmad Muzakkil. “PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (Studi Kasus Di Universitas Islam Malang).” Journal ISTIGHNA 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.33853/istighna.v2i2.24.

Azra, Azyumardi. “REVITALISASI WAWASAN KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.” Jurnal Ledalero 18, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31385/jl.v18i2.185.183-202.

Fausi, Fausi. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Islam Multikultural Di Smp Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa Timur.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 3 (2020). https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.45.

Harto, Kasinyo. “AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL Kasinyo Harto.” Jurnal Al-Tahrir 14, no. 2 (2014): 411–31.

Hayati, Ifa Nur. “Akulturasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Ke Dalam Budaya Lokal Di Desa Ngadas Poncokusumo Malang.” Universitas Islam Malang, 2021.

Ismail, Shalahudin, Ma Zahrudin, Uus Ruswandi, and Eri Hadiana. “Perspektif Al- Qur ’ an Surah Al-Baqarah.” Azatiza: Jurnal Pendidikan 1, no. 3 (2020): 298–309.

Lestari, Gina. “Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara.” Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 28, no. 1 (2015): 31–37.

Mansur, Rosichin. “Akulturasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Budaya Wayang Topeng Malangan.” Universitas Islam Malang, 2019.

Masduki, Moh, and Nurul Malikah. “DASAR TEOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL.” AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584) 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.748.

Masykuri, Masykuri, Khadijatul Qodriyah, and Zakiyah Bz. “Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Wasathiyah: Penguatan Karakter Wasathiyah Santri Patriot Panji Pelopor.” Jurnal Islam Nusantara 4, no. 2 (2020).

Naharudin. “Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Modal Sosial Budaya Masyarakat Pluralis (Studi Tradisi Ngejot Di Desa Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur NTB).” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 4, no. 5 (2019): 276–80.

Nurcahyono, Okta Hadi. “Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2, no. 1 (2018): 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404.

Permana, Dian, and Hisam Ahyani. “Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik.” Dian Permana, Hisam Ahyani Jurnal Tawadhu 4, no. 1 (2020): 997.

Rahmaniyah, Istighfarotul. Pendidikan Etika. Malang: UIN-Maliki Pres, 2010.

Rofiq, Ainur, and Hasanul Muqfy. “Analisis Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Pemersatu Bangsa.” MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management 1, no. 1 (2019): 134–47. https://doi.org/10.52627/ijeam.v1i1.13.

Sari, Dewi Purnama, and Sutarto Sutarto. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KENDURI NIKAH DI DESA BARUMANIS.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.829.

Setiawan, Eko. “KONSEP URGENSI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN PERMASALAHANNYA.” EDUDEENA 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.30762/ed.v3i1.1075.

Sopiah. “Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam.” Forum Tarbiyah 7, no. 2 (2009): 157–66.

Suparwan. “Pendidikan Islam Multikultrual (Kajian Multisitus Tentang Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 1 Dan 2 Medowo Kecamatan Kandangan Kediri.” Universitas Islam Malang, 2020.

Suparwan, Suparwan. “PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (Kajian Multisitus Tentang Proses Pembelajaran).” PENDIDIKAN MULTIKULTURAL 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7413.

Susanti, Desi. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam.” Edureligia 01, no. 01 (2017): 63–75.

Utomo, Ilham Nur, and Dwi Wijayanti. “Pemikiran Mohammad Hatta Tentang Pendidikan Islam.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, no. 2 (2020): 269–82. https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1160.

Published

2025-01-22

How to Cite

Huda, M. (2025). Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Modal Sosial Masyarakat. An Nadhar : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from https://jurnal.iainu-bangil.ac.id/index.php/AnNadhar/article/view/35