Pembiasaan English Lovers di Sekolah berbasis Pesantren (Studi di SMK Unggulan An-Nur)

Authors

  • Ulvavaizah Mia Ma'had Aly An-Nur 1
  • Amalia Mawaddah Ma'had Aly An-Nur 1
  • Dian Faridatus Solehah Ma'had Aly An-Nur 1
  • Intanda Guritno Ma'had Aly An-Nur 1

Abstract

Di era modern ini memiliki skill berbahasa asing tentu sangat bermanfaat bagi kita para generasi zero atau lebih tepatnya biasanya disingkat dengan sebutan Gen Z. Terutama memiliki skill berbahasa inggris tentu sangat prospek, karena Bahasa ini adalah Bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. Semakin banayak perkembangan yang terjadi di negeri ini, mulai dari perdagangan bebas, berdirinya Perusahaan-perusahaan asing di Indonesia sehingga penggunaan Bahasa ini sudah tersebar luas. Tentunya sangat cocok dikembangkan di bidang Pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan, selain diajarkan menjadi seorang entrepreneur, tentunya harus diajarakan bagaimana cara mengembangkan usahanya hingga meluas ke luar negeri, salah satunya adalah bisa berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui salah satu cara efektif untuk belajar Bahasa inggris agar siswa/siswi tidak bosan dengan Teknik belajar ini. Hasil penelitian ini antara lain: English Lovers ini merupakan salah satu klub untuk menampung peminat belajar Bahasa Inggris. Kegiata English lovers ini dilakukan setiap satu minggu sekali, tepatnya di hari senin dan kamis. Tidak semua sekolah mengadakan metode belajar ini.

References

Jazzica, Viola Gita. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

Nugraha, Septian Aep, and Mansyur Srisudarso. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Dengan Pendekatan English For Specific Purpose (ESP) Pada Kurikulum SMK Pusat Keunggulan.” PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1 (n.d.): 5.

———. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Dengan Pendekatan English For Specific Purpose (ESP) Pada Kurikulum SMK Pusat Keunggulan.” PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1 (n.d.): 5.

Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Http://Jurnal.Staiddimakassar.Ac.Id/Index.Php/Aujpsi, n.d.

———. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Http://Jurnal.Staiddimakassar.Ac.Id/Index.Php/Aujpsi, n.d.

———. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Http://Jurnal.Staiddimakassar.Ac.Id/Index.Php/Aujpsi, n.d.

———. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Http://Jurnal.Staiddimakassar.Ac.Id/Index.Php/Aujpsi, n.d.

“SMK Unggulan An Nur Bululawang Malang Pusat Sekolah Berbasis Bahasa Inggris.” Times Indonesia, n.d.

Sulaiman, Idris, Ali Imron, and Teguh Triwiyanto. “MANAJEMEN KURIKULUM ENGLISH LOVER.” JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan 1, no. 4 (2018).

Sulaiman, Muhammad Idris. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

———. Wawancara, n.d.

Published

2025-01-22

How to Cite

Mia, U., Mawaddah, A., Solehah, D. F., & Guritno, I. (2025). Pembiasaan English Lovers di Sekolah berbasis Pesantren (Studi di SMK Unggulan An-Nur). An Nadhar : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from https://jurnal.iainu-bangil.ac.id/index.php/AnNadhar/article/view/36