Tentang Jurnal Ini
Jurnal Abnaana: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian, kajian teoretis, dan praktik terbaik dalam bidang pendidikan Islam anak usia dini. Jurnal ini berfokus pada pengembangan ilmu, strategi, dan inovasi pendidikan Islam bagi anak usia dini dalam konteks global dan lokal.
Ruang lingkup jurnal mencakup namun tidak terbatas pada topik-topik berikut:
Filsafat, Teori, dan Konsep Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Landasan filosofis dan normatif pendidikan Islam untuk anak usia dini, Teori perkembangan anak dalam perspektif Islam dan sains modern, Kurikulum dan Desain Pembelajaran PIAUD, Integrasi kurikulum nasional dan nilai-nilai Islam,
Desain pembelajaran tematik integratif berbasis nilai tauhid, Strategi, Model, dan Media Pembelajaran, Inovasi model pembelajaran PIAUD berbasis teknologi digital, Pengembangan media pembelajaran Islami yang ramah anak, Pengembangan Karakter dan Nilai-nilai Islami, Internalisasi akhlak mulia, nilai spiritual, sosial, dan emosional, Pendidikan multikultural dan inklusif dalam konteks PIAUD, Manajemen dan Kebijakan PIAUD, Tata kelola lembaga PIAUD berbasis nilai Islam, Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini dari perspektif Islam, Keluarga, Masyarakat, dan Pendidikan Islam Anak, Peran keluarga dan komunitas dalam pendidikan anak usia dini, Sinergi pendidikan rumah-sekolah dalam membentuk kepribadian Islami, Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PIAUD, Instrumen dan metode evaluasi perkembangan anak usia dini, Penilaian autentik berbasis portofolio dalam pendidikan Islam, Isu-isu Kontemporer dan Studi Global dalam PIAUD, Tantangan dan peluang pendidikan Islam anak di era digital, Studi perbandingan internasional tentang praktik PIAUD.