Sosialisasi Pemanfaaatan Media Sosial dan E–Commerce sebagai Sarana Promosi Kerupuk Lontar di Desa Aeng Merah Kecamatan Batu Putih Kabupaten Sumenep
Socialization of the Use of Social Media and E-Commerce as a Means of Promoting Kerupuk Lontar in Aeng Merah Village, Batu Putih Subdistrict, Sumenep District
Keywords:
Social media, e-commerce, Promotion, Kerupuk lontarAbstract
The importance of socializing the use of social media and e-commerce as media for promotion or online marketing is one of the reasons behind community service through socialization in Aeng Merah village, because many Aeng Merah villagers still do not know and do not understand the use of social media as a means of socialization. online marketing media so that people can take advantage of this social media to sell, those who don't know will know, those who don't understand will understand very well and what is certain is that they can use social media as best they can. Especially now that Aeng Merah village has the village's superior product, namely palm fruit crackers (kerupuk buah lontar). These lontar fruit crackers are made from real lontar fruit which are then processed and mixed with various compositions to become crackers. Therefore, these lontar fruit crackers can later be promoted and sold via social media.
Downloads
References
Ade Sandra Dewi, Ani Pujiati, Arif Saifudin, Rangga Yoga Winata, “Pembinaan dan Pendampingan UMKM sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Keluarga pada Masyarakat Pesisir”, Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), Vol. 2, No. 1 (April 2021), 52-59.
Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3
Andri Octaviani , Yosephine Angelina , Tri Widianto, dan Lukman Ahmad Imron Pahlawi, “Pendampingan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jatirejo, Girimarto Wonogiri Dengan Pengelolaan Bank Sampah”, Wasana Nyata: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 5, No 2 (2021), 62-65.
Anita Lisdiana, Wardani, Atik Purwasih, Tubagus Ali Rachman Puja Kesuma, Arista Wati, dan Lusi Anggaraini, “Pendampingan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal di Daerah Gisting”, DEDIKAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4, No. 1 (Juni 2022), 11-25. http://dx.doi.org/10.32332/jpm.v3i2.1513
Baiq Harly Widayanti, Dodik Sutikno, Dolly Kurniansyah, Baiq Siti Nur Azima, Eka Rista, dan Rati Christina Irwati Tanan dan Dian Dhamayanti, “Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura”, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, Vol. 1, No. 2 (2020), 173-184. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
Dewi, R. S., Dewi, O. A. C., & Noviasri, R. (2019). Perancangan dan Implementasi Sistem E-Commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–43.
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2061
Djarot Heru Santosa, Hendrokumoro, dan Moh. Masrukhi, “Model Pendampingan Pengelolaan dan Penguatan Branding Desa Wisata menuju Kemandirian Ekonomi Masyarakat”, Riau Journal of Empowerment, Vol. 5, No. 3 (2020), 197-207. https://doi.org/10.31258/raje.5.3.197-207
Endin Nasrudin, Aeni Latifah, dan Atin Supriatin, “Pendampingan Pemeliharaan Kambing Sehat Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat”, MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, No. 1 (Februari 2022), 72-78.
Fauzia, I. Y. (2016). Dalam Bisnis diKalangan Wirausahawan Perempuan. STIE Perbanas Press, 237–256. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.54 4
Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N., & Hilmi. (2019). Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 3(1), 45–50.
Ikmah, & Widawati, A. S. (2018). Penerapan Ecommerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 169–174.
Khasanah, F. N., & Rofiah, S. (2019). Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 14–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/jast.v3i2.1443
Lilik Handajani, Zaenal Abidin, dan Endar Pituringsih, “Establishment Of Bumdes Business Development For Community Economic Empowerment In Peteluan Indah Village”, JURNAL ABDI INSANI, Vol. 8, No. 1 (April 2021), 10-17. http://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i1.362
Muhammad Rifai Katili, Sitti Suhada, dan Lanto Ningrayati Amali, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa”, Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) (2019), 188-197. https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i2.7847
Muslimah, Indra Mahyudi, Nur Istiqamah, dan Uray Januardi, “Pendampingan Pengolahan Ikan Gabus dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kelompok Asuhan Mandiri Toga Gaharu dan Akrupresur Desa Kartiasa Kecamatan Sambas Kab. Sambas”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2 (Juni 2023), 446-451 https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2468
Purwasih, “Pendampingan Pembentukan Koperasi Kelompok Banjar untuk Mendukung Ekonomi Mandiri Masyarakat Perdesaan”, Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6 No. 4 (November 2022), 521– 529. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i4.5354
Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). memanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1. 255
Suryani, Ita. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RIdDan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, Vol. 8, No. 2, (April 2014), 123–138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anis Sulalah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.